Selasa, 17 April 2012

Merajut

Merajut (bahasa Inggris: knitting) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Berbeda dari menenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.
Merajut dapat dilakukan dengan tangan atau dengan mesin. Ada berbagai jenis gaya dan teknik merajut. Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas adalah mengait benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. Hasil rajutan memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan.
Rajutan tangan merupakan salah satu jenis keterampilan tangan yang cukup populer di masyarakat kita. Ada banyak barang yang dihasilkan dari keterampilan rajutan ini. Dengan menggunakan sarana yang sederhana maka rajutan tangan dapat diselesaikan dan hasilnya relatif sangat bagus dan indah.
Jika kita mempunyai kegemaran atau hobi merajut atau merenda, sebaiknya hobi tersebut kita kembangkan menjadi sumber penghasilan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar